Selasa, 10 Juni 2014

Paragraf-1

♥ Paragraf Deduktif
     Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf.
Contoh:
     Banyak orang membaca sebuah bacaan dengan tujuan ingin mendapatkan informasi dari bacaan tersebut. Informasi yang ingin diperoleh mungkin sudah pernah didengar, tetapi lebih meyakinkan lagi membaca langsung. Membaca bacaan berisi informasi yang pernah dibaca sebelumnya dan ingin menginat lagi informasi itu lrbih baik. (....)

♥ Paragraf Induktif

     Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak diakhir paragraf.
Contoh:
    Akhir-akhir ini harga sembako semakin memprihatinkan. Kemarin, harga gula Rp.5.000 perkg, sekarang menjadi Rp.6.500 perkg. Beras yang semula Rp.4.000 perkg kini Rp.5.000 perkg. Tepung terigu yang merupakan bahan pokok pembuatan roti dan mie juga dua kali lipat yakni Rp.10.000 perkg. Memang harga kebutuhan bahan pokok sekarang ini naik tajam.

♥ Paragraf Campuran

     Paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal dan ditegaskan lagi di akhir paragraf.
Contoh:
     Saya yakin kalau Indonesia memfokuskan diri kepada sektor agrobisnis, tidak ada Negara lain yang menandingi kita. Krisis ekonomi yang sedang berlangsung telah mengoreksi nilai tukar kita. Dalam hal ini kita tidak perlu merasa nilai tukar kita menguat atau melemah, namun menyesuaikan diri terhadap nilai tukar yang ada dengan mendorong industri yang mampu survive pada nilai tukar yang ada, yakni sektor industri. Apabila sektor ini sudah berjalan dengan baik, tidak mustahil negara kita akan menjadi salah satu Negara yang ekonominya tertangguh di dunia.


Sumber : catatan MAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar