Senin, 09 Juni 2014

Contoh Biografi "Penulis Novel...And The Star Is Me!"

     Afifiah Afra adalah nama pena dari Yeni Mulati. Lahir di Purbalingga, 18 Februari 1979. Menamatkan kuliahnya dijurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Diponegoro tahun 2002 dan mendapat gelar sarjana sains. Sejak kecil, Afra terlibat dalam banyak aktivitas, baik aktivitas ekstrakulikuler maupun intrakulikuler. Ketika SD, ia menjadi ketua regu pramuka di gudepnya, juga sebagai ketua PMR dan dokter kecil. Saat SMP, selain menjadi wakil pratami dipramuka, ia juga menjadi ketua II Osis. Saat SMA, aktivitasnya merambah ke dunia jurnalistik, teather, dan seni musik, sehingga ia pun diamanahi sebagai ketua bidang Apresiasi dan Kreasi Seni Osis SMA. Aktivitas yang padat, tampaknya memang telah menyatu dalam kehidupannya. Ketika kuliah di FMIPA Undip, Afra terpilih sebagai ketua keputrian rohis FMIPA Undip, juga dalam waktu yang bersamaan, mendapat amanah sebagai koordinator FLP Semarang. Setelah menikah dengan dr.Ahmad Suprianto dan menetap di Solo, ia aktif berkiprah di PPAP (Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pinggiran) Seroja, SALIMAH (Persaudaraan Muslimah) kota Surakarta, dan organisasi yang telah mendarah daging dengannya, yakni FLP.
     Prestasi yang telah ia raih lumanyan banyak. Ketika SD, dua kali berturut-turut (tahun 1990 dan 1991) ia mendapat juara pertama lomba baca puisi tingkat kabupaten Purbalingga. Ia juga pernah dikirim ke provinsi Jawa Tengah sebagai duta kabupaten untuk mengikuti lomba bidang studi untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Umum. Ketika SMP, SMA, Kuliah dan Pasca kuliah, dia juga menjuarai beberapa lomba, misalnya juara III lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional bertema "Hijrah Nabawiyah" yang diselenggarakan oleh Universitas Yarsi, juara harapan I lomba Menulis Cerbung Majalah Kartini, runner up novel terpuji pena Award 2002 untuk novel "Bulan Mati Di Javasche Oranje", juara harapan lomba penulisan cerpen Rohto 2007 dan sebagainya. Cerpennya yang berjudul "Kematian Romo" terpilih sebagai salah satu cerpen terbaik majalah Annida selama periode 10 tahun.
     Karya-karya Afra, berupa cerpen, artikel, serial dan cerita bersambung, banyak dimuat di majalah Annida, Ummi, Saksi, Solopos, Kartini san sebagainya. Demikian juga, ada lebih dari 30 judul buku yang telah ia tulis, dan diterbitkan oleh Gema Insani, Asy-Syaamil, Era Intermedia, DAR Mizan, Lingkarpena Publishing House, Dzikrul Hakim, Indiva Media Kreasi dan sebagainya. Kini, Afra menggawangi penerbit Indiva Media Kreasi sebagai general manager.

Adapun hal-hal yang menarik:
Sejak kecil dari SD, Afra sudah banyak mengikuti aktivitas-aktivitas disekolahnya. Walaupun aktivitasnya sangat padat, namun dia masih bisa membagi waktunya. Dia juga merupakan salah seorang yang sangat dipercaya dengan kecerdasan yang dia miliki. Afra telah banyak memperoleh prestasi yang snagat membanggakan. Tidak hanya berkiprah di masa sekolah, pada saat kuliah pun Afra tetap aktif dalam berbagai aktivitas dan masyarakat. Dia pun mempunyai banyak karya tulis yang dimuat.


Sumber : catatan MAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar