Jumat, 16 Mei 2014

Ibadah Puasa

     Puasa adalah menahan diri dari hawa nafsu dan hal-hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Puasa itu wajib dilakukan. Wajib itu adalah bila dikerjakan mendapat pahala dan kalau ditinggalkan mendapat dosa. Sebagaimana firman ALLAH yang artinya "Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa".
     Rukun puasa? Yeah, banyak yang salah tanggap tentang rukun puasa itu ada berapa. Pengalaman disekolah MTsN saya dulu nih ya, masa ditanya ustad sewaktu pesantren kilat bulan puasa tentang rukun puasa ada berapa, pada ragu ngejawabnya berapaan, hahaha :D ada sih yang PD ngejawab rukun puasa ada 11, 3, 5, dst. Padahal gampang banget kan? Rukun puasa itu kan cuma 2 ;) hihihii. Mari deh kita bahas masalah itu, penasaran kan apa sajaaaa? ;;)
Rukun puasa itu ada 2, yaitu:
  1. Niat
  2. Menahan hawa nafsu dari segala yang membatalkan
Nah, cukup gampang bukan? Toh cuma itu saja kok, xihihii :D

Hal-hal yang menghilangkan pahala puasa yaitu:

  1. Marah
  2. Menipu/dusta
  3. Kikir
  4. Durhaka kepada orang tua
  5. Musuh-musuhan sesama muslim
  6. Mencuri barang yang bukan milik kita
  7. Meninggalkan salat
  8. Sengaja memasukkan makanan dan minuman ke dalam mulut
     Kita dianjurkan untuk berpuasa agar dapat merasakan penderitaan orang-orang yang tidak mampu. Kita tidak hanya menahan makan dan minum tetapi juga menahan amarah.


Sumber : catatan SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar