Jumat, 16 Mei 2014

Bahaya Merokok

     Biasanya orang merokok karena melihat orang lain merokok. Anak-anak remaja merokok karena  orang tuanya merokok. Bisa juga karena melihat teman, film, gambar atau orang yang menjadi idolanya merokok. Merokok dapat menggangu kesehatan. Merokok membuat tubuh sulit untuk berkembang dengan baik. Merokok membuat kulit menjadi keriput. Bahan-bahan yang terkandung dalam sebatang rokok merupakan barang yang berbahaya untuk kesehatan.
     Setidaknya terdapat tiga zat berbahaya yang terkandung dalam rokok. Tiga zat tersebut adalah nikotin, karbon monoksida, dan tar. Mari kita bahas satu persatu sedikit tentang zat tersebut.
  1. Nikotin
    Nikotin adalah zat yang terdapat pada daun tembakau yang dapat menyebabkan rasa ketagihan. Nikotin merupakan zat yang berbahaya. Nikotin dapat menyebabkan terhentinya pernapasan. Mengisap rokok sama juga mengisap nikotin. Nikotin menaikkan tekanan darah dan mempercepat denyut jantung hingga pekerjaan jantung menjadi lebih berat.
  2. Karbon monoksida
    Karbon monoksida merupakan gas beracun yang tidak berbau sama sekali. Tentu saja, gas karbon monoksida yang terdapat dalam asap rokok dapat menyebabkan gangguan terhadap hemoglobin. Karbon monoksida dapat menyingkirkan oksigen (O2) dalam tubuh. Padahal oksigen merupakan zat yang penting dalam metabolisme dan pernapasan tubuh. Bahaya yang lainnya adalah akan menyebabkan penyempitan jaringan pembuluh darah.
  3. Tar
    Tar merupakan komponen dalam asap rokok yang tinggal sebagai sisa sesudah dihilangkan nikotin dan tetesan-tetesan cairannya. Tar merupakan kumpulan dari berbagai macam zat kimia yang berasal dari daun tembakau sendiri maupun yang ditambahkan pada tembakau dalam proses pertanian dan industri rokok. Perlu diketahui bahwa kadar tar yang terkandung dalam rokok merupakan zat perangsang timbulnya penyakit kanker dalam tubuh.


Sumber : catatan SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar