Jumat, 03 Juli 2015

Daftar Kosmetik Yang Dinyatakan Berbahaya Oleh BPOM




BPOM (Badan Pengawas Obat & Makan) baru-baru ini mencantumkan 17 kosmetik yang mengandung bahan berbahaya. Produk-produk ini meliputi produk merk Tabita, Green Alvina, Chrysant, Hayfa, dr. Nur Hidayat,SpKK, hingga merk Cantik. 17 kosmetik ini mengandung merkuri yang merupakan salah satu penyebab kanker.

Produk-produk yang disebut berbahaya oleh BPOM ini merupakan hasil sampling dari sekitar 24.000 produk kosmetik. Jumlahnya (17 produk) memang lebih rendah daripada temuannya tahun 2012 lalu yang mencapai 48 produk. Namun, menurut Lucky S. Slamet, ketua BPOM, “Nilai bahayanya sama.”

Selain  beredar di pasaran tanpa memiliki izin dari BPOM, 17 produk yang masuk dalam kategori ‘black list’ ini mengandung merkuri, hidrokinon, asam retinoat, dan resorsinol. Masing-masing berbahaya bagi kesehatan. Semisal merkuri yang menjadi penyebab kanker. Efek samping penggunaannya, selain kanker adalah cacat janin, gagal ginjal, dan gangguan syaraf. Hidrokuinon, harus dipakai berdasarkan resep dokter. Meskipun digunakan untuk memutihkan kulit, jika dipakai berlebihan, dapat menyebabkan iritasi kulit.

Asam retinoat dapat mengikis kulit. Jika bahan ini dipakai dalam obat, bisa menyebabkan cacat pada janin. Alhasil penggunaannya harus mengikuti petunjuk dokter pula.

Masyarakat sendiri diminta waspada dalam menggunakan produk kosmetik. Apalagi saat ini peredarannya via online, memungkinkan produk-produk ini ‘lolos begitu saja dari pengawasan BPOM’. Masyarakat juga diminta aktif bertanya masalah aman tidaknya penggunaan kosmetik tertentu. “Hal ini penting guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, karena dampak dari penggunakan bahan berbahaya ini efeknya besar,” sebut Sandra Lintin, Kepala BPOM Ambon.


Berikut ini daftar kosmetik yang berbahaya yang dirilis oleh BPOM:
1. Tabita





2. Green Alvina



3. Chrysant




4. Hayfa




5. dr. Nur Hidayat,SpKK



6. Cantik



7. dr. Whitening Treatment Night Cream



8. Lie Che



9. Lien Hua



10. Walet



11. Special Pearl Cream Super


13. Sj Sin Jung



14. Klip 80"S



15. Vayala



16. Feves Hair Color



17. Tailaimei








Sumber : http://sidomi.com/186645/17-kosmetik-berbahaya-menurut-bpom-tahun-2013, http://denzreview.blogspot.com/search/label/kosmetik%20berbahaya%20menurut%20bpom, http://www.doktercantik.com/1824/daftar-kosmetik-berbahaya-2012-2013-temuan-bpom.html 
http://www.kaskus.es/daftar-produk-kosmetik-yang-dilarang-digunakan-oleh-bpom/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar